. SDIT AL-FATHIMIYYAH Full day school jl. lapangan benowo pakal surabaya: Maret 2012

MOHAMMAD RIFA'I,S.Pd.I SUHARTATIK,S.Pd. MOHAMMAD MAULIDIN,S.Pd. SUMANTRI NOVI RATNA NINGSIH, S.Pd. MURIYANAH,S.Pd.I TITIN ARIFAINI,S.Pd.I NURUL QOMARIYAH, S.Sos. SRIATIN,S.Pd. UMMI FUTIKHATIN,S.Pd.I SRI UTAMI,S.Pd. AHMAD ASRORI,S.Pd. SUSILONINGSIH,S.Pd. UMAIYAH,S.Pd.

build animated gif
LINK PROGRAM SDIT
creating a gif
PENGUMUMAN SDIT AL-FATHIMIYYAH
PENDIDIKAN KARAKTER ISLAMI

assalamualaukum wr. wb. Yth. bpk/ibu wali murid SDIT Al-Fathimiyyah. Untuk menanamkan budaya / karakter islami pada setiap siswa, maka kami mohon kerjasamanya dalam mengawasan putra/putrinya dalam kegiatan keseharian mereka dirumah. segala kebijakan kami dalam menanamkan disiplin dalam belajar disekolah, ibadah di masjid, tiada lain hanya untuk menenamkan rasa tanggung jawab kepada anak. semua itu demi kebaikan mereka. terimakasih atas pengertian dan mohon maaf atas segala kekurangan. semoga Allah memberikan taufiq hidayah kepada kita agar kita dan SDIT Al fathimiyyah semakin baik dan bermanfaat. amin. wassalamualaikum. wr. wb.
LOWONGAN PEKERJAAN
LOWONGAN PEKERJAAN

SDIT AL-FATHIMIYYAH membuka kesempatan bagi saudara-saudara sekalian yang ingin bergabung turut serta mencerdaskan bangsa, kami membutuhkan pegawai dengan kualifikasi sebagai berikut : B. Tenaga Kependidikan (Administrasi / TU ) 1. Diutamakan Laki-laki, Usia maksimal 35 tahun, muslim, berijazah minimal : D1,D2,D3 Komputer 2. Menguasai komputer aplikasi, bahasa pemrograman, TKJ, ulet, tekut dan domisili Surabaya / terdekat C. Surat lamaran dapat ditujukan ke Kepala SDIT AL-FATHIMIYYAH. Bagian Administrasi Umum dan Ketenagaan da. Jl. Lapangan Benowo No 10. Pakal Surabaya
ATAS PERHATIANNYA KAMI UCAPKAN TERIMAKASIH
make a gif

Senin, 26 Maret 2012

Tips Sukses Ujian Nasional (UN)

Hadapilah UN dengan tenang dan proporsional

Hadapilah ujian ini dengan sikap yang tenang dan proporsional bahwa ujian sebagai sesuatu yang harus dihadapi, dilalui. Sikap tenang akan memungkinkan kita menyusun rencana menentukan strategi dan menjalaninya dengan senang.

Siapkan mental dan fisik

Kesiapan mental adalah hal penting dalam menyiapkan UN , dengan kesiapan mental yang kuat maka saat melaksanakan UN siswa akan menghadapinya dengan tenang, percaya diri, dan tidak dalam kondisi yang takut atau stress. Kondisi stress, takut, galalu, cemas dan tidak percaya diri hanya akan melemahkan kemampuan siswa. Jika pada saat ujian siswa menghadapinya dengan kondisi tenang, gembira dan penuh percaya diri maka hasilnya pun akan optimal sesuai dengan potensi siswa tersebut. Bagaimana caranya agar peserta didik memiliki mental yang kuat antara lain; pertama, Ciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan penuh dengan optimis, kedua siswa dimotivasi dengan diberi peluang untuk bersaing dengan siswa lain misalnya mengikuti berbagai macam kegiatan try out, ketiga kurangi kegiatan-kegiatan lain agar peserta didik tidak kecapaian, dan kempat, orang tua dan lingkungan harus menciptakan suasana yang kondusif agar anak terhindar dari suasana tekanan.

Tingkatkan motivasi belajar

Sukses tidaknya peserta didik dalam menghadapi UN juga sangat ditentukan oleh tinggi rendahnya motivasi siswa dalam mempersiapkan diri menghadapi UN. Peserta didik akan memiliki energi belajar yang dahsyat manakala memiliki motivasi yang kuat dan hebat. Motif adalah daya dalam diri seseorang yang mendorongnya untuk melakukan sesuatu, atau keadaan seseorang atau organisme yang menyebabkan kesiapannya untuk memulai serangkaian tingkah laku atau perbuatan. Sedangkan motivasi adalah suatu proses untuk menggiatkan motif-motif menjadi perbuatan atau tingkah laku untuk memenuhi kebutuhan dan mencapai tujuan, atau keadaan dan kesiapan dalam diri individu yang mendorong tingkah lakunya untuk berbuat sesuatu dalam mencapai tujuan tertentu.

Motivasi dapat timbul dari dalam individu dan dapat pula timbul akibat pengaruh, dari luar dirinya. Motivasi dari dalam diri siswa dikenal dengan motivasi intrinsic. Jenis motivasi ini timbul sebagai akibat dari dalam diri individu sendiri tanpa ada paksaan dorongan dari orang lain, tetapi atas kemauan sendiri. Misalnya anak mau belajar karena ingin memperoleh nilai UN yang tinggi, ingin masuk SMP favorit pilihannya dsb. Sedangkan motivasi ekstrinsik adalah motivasi yang datang dari luar individu, bisa orang tua, lingkungan keluarga/lingkungan rumah, lingkungan masyarakat, temannya sendiri dsb.

Siapkan keterampilan teknis


Keterampilan teknis yang dimaksud adalah siswa dibekali tidak hanya menguasai materi dan kesiapan mental juga harus menguasai keterampilan teknis lainya, antara lain:

a) Keterampilan mengerjakan lembar jawaban komputer

Keterampilan ini sangat penting dikuasai siswa, karena UN tahun 2011 diprediksi masih menggunakan lembar jawaban komputer dengan system silang. Siswa kadang mengabaikan hal ini, padahal keterampilan menjawab soal melalui LJK ini juga sangat menentukan hasil UN siswa. Misalnya apabila pengisian biodata salah, penomoran peserta salah termasuk cara memberi silang dan menghapus jawaban yang diganti ikut menentukan hasil UN siswa. Oleh karena itu tips untuk keterampilan ini adalah pertama selalu mengikuti kegiatan-kegiatan try out secara rutin.

b) Keterampilan menjawab soal-soal

Keterampilan teknis ini sangatlah penting untuk dikuasai siswa dalam menjawab soal-soal UN. Menguasai keterampilan menjawab soal ini dimaksud agar siswa dapat mengerjakan soal-soal dengan cepat, tepat dan benar dalam waktu yang sangat singkat, sehingga waktu yang tersedia selama 120 menit dapat dimanfaatkan bukan hanya mengerjakan soal tetapi juga sampai pada pemeriksaan dan pengerjaan ulang soal UN.

Bersikaplah proaktif

Proaktif adalah suatu sikap yang beranggapan bahwa kita sendirilah yang menentukan keberhasilan dan kegagalan dalam hidup ini, termasuk dalam menghadapi UN. Yakinlah bahwa kerja keras dan usaha keras yang kita lakukan akan membuahkan hasil. Dalam menyikapi standar minimal yang telah ditentukan, justru yang terbaik adalah kita sendiri membuat patokan standar nilai minimal. Misalnya, menargetkan 7,01 , 8,01 atau 9,01 sehingga yang muncul adalah tantangan bukan beban.

Buatlah rencana

Menghadapi ujian dapat diibaratkan sebagai perjalanan menuju sukses. Sebagaimana perjalanan sukses, sudah sepatutnya kita membuat perencanaan. Dari sekian banyak bahan pelajaran yang harus dipelajari dipilah-pilah antara bahan UN dari pusat dengan bahan ujian dari sekolah. Antara bahan kelas satu, kelas dua, dan kelas tiga, pelajaran hitungan dan hafalan, sehingga dapat dipelajari dengan teratur dan sistematis. Model belajar semacam itu dapat meringankan dan lebih mengefektifkan cara kerja otak. Salah satu hukum otak yaitu dapat bekerja maksimal dengan cara teratur dan sistematis.


Kuasai Materi Pelajaran

Menguasai meteri pelajaran adalah hal yang terpenting yang harus dikuasai siswa, hal ini didasarkan pada materi soal yang diujikan, tanpa menguasai materi maka siswa akan mengalami kesulitan, selain jumlah materi yang harus dipelajari cukup banyak juga materi tersebut lingkupnya mulai kelas 4, 5 dan 6 untuk UN SD/MI, kelas 7, 8, dan 9 untuk UN SMP/MTs, Kelas 10,11, dan 12 untuk UN SMA/MA dan SMK. Solusi untuk hal ini adalah pertama, pelajari materi apa yang akan diujikan melalui SKL yang dirincikan dalam indikator soal UN yang dikeluarkan pemerintah. Kedua, pelajari soal-soal UN sebelumnya, lalu bandingkan satu atau dua tahun terakhir dengan indikator yang akan keluar maka kita akan mampu memprediksi soal yang keluar ditahun sekarang. Ketiga, belajarlah dengan menggunakan teori-teori singkat yang mudah dipahami, dimengerti dan diingat dalam waktu cepat.

Perbanyaklah baca dan latihan soal

Salah satu kelebihan yang dimiliki oleh lembaga bimbingan belajar adalah para siswa banyak berlatih memecahkan soal-soal dengan cepat. Kita dihadapkan pada soal-soal yang harus dijawab dan dipecahkan dengan tepat. Dengan sering kita berlatih maka kita terbiasa dan terlatih, sehingga tidak cemas atau grogi dalam menghadapi soal Ujian Nasional (UN).

Belajar kelompok

Belajar kelompok merupakan salah satu cara yang dapat dipakai para siswa untuk berbagi dengan teman yang lain dalam memecahkan soal dan saling menguatkan motivasi belajar dan prestasi. Para siswa daripada banyak bermain dan membuang-buang waktu dengan percuma, manfaatkanlah dengan cara belajar berkelompok dengan teman di sekolah atau di sekitar tempat tinggal kita.

Efektifkan belajar di sekolah

Masih terdapat siswa yang datang ke sekolah dan hadir di kelas dengan alakadarnya atau sekadar hadir, tidak mengoptimalisasikan semua potensi dirinya untuk meraih hasil terbaik dalam daya serap materi maupun prestasinya. Padahal jika dimaksimalkan, niscaya hasilnya akan lebih bagus kalaupun tidak ditambah dengan les-les yang lain di luar jam sekolah. Pada umumnya, para siswa kurang menggunakan kemampuan nalarnya dalam belajar, baru sebatas menghafal. Siswa juga masih kurang untuk bertanya, berdialog bahkan berdebat dengan gurunya. Padahal kemampuan bertanya salah satu upaya untuk memperkuat pemahamaman atau pengertian dan keterampilan belajar.

Mohon doa restu dari orang tua

Yakinlah bahwa jika kita lulus maka orang tua kita akan senang dan bangga. Jadikanlah perjuangan menghadapi UN 2011 sebagai ajang untuk mempersembahkan yang terbaik kepada kedua orang tua kita tercinta. Mohon doa restulah pada orang tua agar kita diberi kemudahan dan kelancaran. Kedua orang tua kita akan dengan senang mendoakan putra-putrinya yang sedang berjuang menghadapi UN.

Lakukan sholat malam

Adalah sombong yang beranggapan bahwa keberhasilan kita semata-mata usaha dan kerja keras kita sendiri tanpa keikutsertaan Allah SWT. Untuk itu dengan segala kerendahan diri dan hati di hadapan-Nya, kita bersujud yang lama di setiap rakaat terakhir dari sholat malam, kita panjatkan doa agar diberi kesehatan, kemudahan dalam mengerjakan soal-soal UN nanti, dan kelulusan. Allah Mahatahu dan tentu akan mendengarkan dan mengabulkan doa hamba-hamba-Nya.


Minggu, 25 Maret 2012

DATA PENDIDIKAN

RPP DAN SILABUS KELAS 1
RPP Tematik Kelas 1 SD Bekarakter
Silabus Tematik Kelas 1 SD Berkarakter
RPP DAN SILABUS KELAS 2
RPP TEMATIK BERKARAKER SD KELAS 2
SILABUS TEMATIK Berkarakter KELAS DUA
RPP DAN SILABUS KELAS 3
RPP TEMATIK BERKARAKTER KELAS 3 SD
SILABUS TEMATIK BERKARAKTER KELAS 3 SD
RPP DAN SILABUS BERKARAKTER KELAS 4 TERBARU
Berikut RPP Berkarakter Kelas 4 SD/MI

Silabus Berkarakter Kelas 4 SD/MI
RPP DAN SILABUS BERKARAKTER KELAS 5 TERBARU
RPP Berkarakter Kelas 5 SD

Silabus Berkarakter Kelas 5 SD
RPP DAN SILABUS BERKARAKTER KELAS 6 TERBARU
RPP Berkarakter Kelas 6 SD

Silabus Berkarakter Kelas 6 SD
RPP DAN SILABUS BERKARAKTER BAHASA INGGRIS 1, 2, 3, 4, 5 dan 6 TERBARU
RPP Bahasa Inggris Berkarakter Kelas 1, 2, 3, 4, 5 dan 6 SD
Silabus Bahasa Inggris Berkarakter Kelas 1, 2, 3, 4, 5 dan 6 SD
RPP DAN SILABUS BERKARAKTER PAI 1, 2, 3, 4, 5 dan 6 TERBARU
RPP PAI Berkarakter Kelas 1, 2, 3, 4, 5 dan 6 SD
Silabus PAI Berkarakter Kelas 1, 2, 3, 4, 5 dan 6 SD
RPP DAN SILABUS BERKARAKTER PENJAS / PJOK 1, 2, 3, 4, 5 dan 6 TERBARU
RPP PENJAS / PJOK Berkarakter Kelas 1, 2, 3, 4, 5 dan 6 SD
Silabus PENJAS / PJOK Berkarakter Kelas 1, 2, 3, 4, 5 dan 6 SD
RPP DAN SILABUS BERKARAKTER SENI BUDAYA / SBK 1, 2, 3, 4, 5 dan 6 TERBARU
RPP SENI BUDAYA / SBK Berkarakter Kelas 1, 2, 3, 4, 5 dan 6 SD
Silabus SENI BUDAYA / SBK Berkarakter Kelas 1, 2, 3, 4, 5 dan 6 SD
…………….xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx……………………………………..
  • RPP SD (IPS)
  • RPP SD (Matematika)

  • RPP SD (PKn)
  • RPP SD (Pendidikan Agama Islam)
  • RPP SD (Olah raga / Penjaskes)
  • RPP SD (SBK)
  • RPP SD (TIK)
  • RPP SD (Bahasa Indonesia)
  • RPP SD (Bahasa Inggris)
  • RPP SD (Bahasa Arab)
  • RPP SD (Bahasa Jawa)
  • RPP SD (Bahasa Sunda)
…………………….xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx…………………………..
  • RPP TEMATIK SD
Kelas 1 sem 1 :
Tema :
Kelas 1 sem 2
Tema :
Tematik kelas 2 sem 1
Tema :
Kelas 2 sem 2
Tema :
Kelas 3 sem 1 dan 2 :
Tema (lengkap) :
……………………….xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx……………………………….
SPIDER WEEB

SILABUS TEMATIK
SILABUS KELAS IV

SILABUS KELAS V
SILABUS KELAS VI
……………….xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx……………………………………..
PROGRAM SEMESTER KELAS 1
PROGRAM SEMESTER KELAS 2
PROGRAM SEMESTER KELAS 3
PROGRAM SEMESTER KELAS 4
PROGRAM SEMESTER KELAS 5
PROGRAM SEMESTER KELAS 6
PROGRAM SEMESTER BAHASA INGGRIS
PROGRAM SEMESTER PAI
PROGRAM SEMESTER PENJASKES / PJOK
………………….xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx……………………………..
  1. KKM KELAS 1
  2. KKM KELAS 2
  3. KKM KELAS 3
  4. KKM KELAS 4
  5. KKM KELAS 5
  6. KKM KELAS 6
  7. KKM PENDIDIKAN AGAMA
  8. KKM BAHASA INGGRIS
  9. KKM BAHASA SUNDA
…………….xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx…………………………..
Download Admnistrasi Pendidikan
……………………….xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx………………………
  • Pengetahuan Organisasi
………….xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx…………………..
  • Download Software Mengajar
…………….xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx…………………………..
Download Lagu Wajib Nasional
……………………….xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx………………

Bank Soal Bahasa Indonesia :

Bank Soal IPA :

Bank Soal IPS :


Bank Soal Matematika :

Bank Soal PKn:
·

KOLEKSI VIDEO